Color Space

10/3/12


COLOR SPACE

Di dalam penyimpanan digital video, terdapat dua konsep dasar dimana kita melakukan penyimpanan digital video. Yaitu RGB dan YUV.  Masing – masing tipe memiliki sebuah variasi atau dua variasi yang dapat menentukan tingkat akurasi  mereka. Untuk tipe RGB, terdapat tipe RGB16, RGB24, RGB32, dan untuk tipe YUV terdapat YUV2, YUV12, I420, dan lain-lain.
RGB menyimpan video lebih intuitif. RGB menyimpan setiap nilai warna  ke dalam 3 level warna, Red, Green, dan Blue ke dalam setiap basis pixel. Tipe RGB yang paling umum di gunakan saat ini adalah RGB 24 yang bernilai 8 bits pada setiap level warna (sehingga memiliki range 0-255 yang merupakan hasil dari 28 = 256) dimana warna putih bernilai 255,255,255 dan hitam bernilai 0,0,0.
RGB menggunakan prinsip bahwa ketiga komponen warna dapat digabungkan untuk menghasilkan bermacam – macam warna. Sedangkan YUV  menyimpan warna berdasarkan prinsip kerja otak manusia di dalam menangkap warna.Hal terpenting di dalam prinsip kerja otak manusia adalah brightness (tingkat kecerahan) alias Luma
Luma dengan mudah dapat di tentukan dari RGB channels berdasar nilai rata- rata dari color values dan menambahkan nilai tertentu pada beberapa Warna untuk menemukan nilai Luma nya. Para ilmuwan telah menemukan tingak besaran nilai yang sesuai dengan persepsi otak manusia. Dimana warna hijau memiliki kontribusi terbesar, merah ½ warna hijau, biru 1/3 warna merah. Hal ini menunjukkan cara kerja otak dan hal ini merupakan pedoman bagi pengembangan sistem YUV.
Luma merupakan permodelan yang sederhana dimana Nol bernilai hitam dan Nilai Tinggi bernilai putih. Di dalam permodelan warna, hal ini bukanlah hal yang sederhana. Hal ini dikenal dengan istilah U dan V (atau Cb dan Cr). Keduanya memiliki nilai positif dan negatif yang bersesuaian dengan warna yang ditangkap oleh otak kita.
            Ketika Cr bernilai positif, berarti object tersebut berwarna Merah. Apabila Cr bernilai negatif, maka objeknya berwarna Hijau. Otak kita memahami kedua warna tersebut secara berlawanan.
            Apabila Cb bernilai positif, maka objek berwarna biru. Dan jika Cb bernilai negatif, maka objek akan berwarna Kuning. Dan kedua warna ini juga dipahami secara terbalik oleh otak kita.
            Ada beberapa faktor yang alasan mengapa penyimpanan video lebih baik menggunakan format YUV. Antara lain :
1.      Aspek Historis.
Ketika TV berwarna mulai berkembang, TV berwarna dituntut untuk dapat mendukung keduanya (TV warna dan TV hitam putih). Channel TV hitam-putih akan menjadi luminance,  manakala terdapat dua channel warna di tambahkan di atas permukaannya. TV hitam-putih akan mengabaikan kedua channel tambahan tersebut dimana TV itu hanya memahami bahwa Chroma bernilai Nol  di dalam sinyal Hitam-Putih.
2.      Channel warna yang dihasilkan dapat terhubung secara teratur
Ketika sebuah bayangan bergerak, hanya sebuah channel warna yang berubah. Hal ini sangat membantu di dalam kompresi video, karena sebuah informasi yang sama tidak akan diproses ulang untuk channel yangberbeda.
3.      Channel yang di dapatkan adalah channel yang dibutuhkan.
Ketika sebuah video ditampilkan, maka tidak semua channel warna ditampilkan secara keseluruhan dan bersamaan.


   

No comments:

Post a Comment

 

Most Reading

Sidebar One